KULIANDROID.com - Ponsel android kamu sering lemot dan mudah crash ? pada tutorial kali ini kita akan coba membuat ponselmu agar tidak lelet lagi dengan beberapa cara dan triks.

Kejaian seperti ini sering terjadi karena banyaknya file-file yang tidak penting di ponselmu, aplikasi yang tidak berjalan normal, dan lain-lain. Ponsel menjadi lelet tidak selamanya menjadi permanen, kita bisa mengatasinya dengan cara tertentu.

mari kita coba dengan melakukan 5 cara ampuh ini untuk membuat ponselmu menjadi cepet dan tidak lelet lagi.

1. Bersihkan home screen

Sebaiknya home screen dikasih pemintas aplikasi seperlunya saja, sering kali setiap kita install aplikasi baru akan menambah icon baru juga di home screen.

Hindari menggunakan wallpaper bergerak karena banyak memakan memory ponsel, gunakan wallpaper statis biasa saja.

2. Hapus atau matikan aplikasi yang tak terpakai

Jika diponselmu terdapat aplikasi-aplikasi yang tidak terpakai, sebaiknya uninstall atau matikan saja. Pasalnya aplikasi tersebut meskipun tidak digunakan tetap memakan memory yang ada di ponselmu.

Caranya masuk ke Setting > Apps dan perhatikan beberapa aplikasi yang mencurigakan atau yang tidak pernah dipakai, klik dan pilih disable untuk mematikan aplikasi tanpa menghapusnya atau klik uninstall untuk menghapusnya.

3. Matikan animasi

Menggunakan animasi diponsel memang sangat mempercantik ponselmu disisi lain itu banyak memakan memory ponsel yang mengakibatkan ponselmu menjadi lelet dan lemot. Untuk menonaktifkan asuk ke Setting > About phone carilah menu Device information atau systems.

Sentuhlah menu tersebut sebanyak 7 kali untuk mengaktifkan mode Developer. Masuk ke developer option dan temukan window animate scale, transition animation scale, serta Animation duration scale. Secara berurutan, ubah angka yang tertera menjadi 0.5x atau Animation off.

4. Bersihkan cache aplikasi

Aplikasi biasanya menyimpan cache untuk membuka aplikasi kembali dengan cepat. Dengan berjalannya waktu data cache yang menumpuk malah akan memjadikan ponselmu lelet dan kinerja ponsel menjadi lemot.

Untuk menghapus cache cobalah masuk ke Setting > Apps, kemudian pilih salah satu aplikasi yang ingin dihapus data cachenya dan pilih Clear cache.

Untuk pengguna android 6.0.1 Marshmallow, kamu bisa membuka Setting > Storage dan pilih menu clear cache.

Jika kamu ingin hasil maksimal kamu bisa menggunakan aplikasi pihak ketiga seperti CC Cleaner atau Clean Master.

5. Matikan auto-sync

Pada umumnya pengguna ponsel android memasang banyak akun seperti media social, email dan lainnya. Akun tersebut terpasang dengan keadaan auto-sync menyala.

Auto-sync merupakan sebuah fitur dari aplikasi untuk mendapatkan data terbaru dalam durasi tertentu. cContohnya menerima email. Meski sangat berguna tetapi jika banyak aplikasi yang auto-sync akan membuat ponsel androidmu justru semakin lelet dan lemot.

Solusinya, matikan auto-sync pada aplikasi tertentu yang sekiranya tidak dipakai atau tidak digunakan.

Comments 0